JENIS TANAMAN HIAS BERDASARKAN FUNGSINYA

A. jenis tanaman

Tanaman memiliki fungsi yang sangat banyak .Berikut adalah contoh singkat mengenai jenis tanaman hias dan fungsinya agar tanaman dapat ditempatkan dengan tepat sesuai dengan fungsinya di taman.

dalam artikel jenis tanaman hias untuk anda yang membutuhkan jasa pembuatan taman professional dengan pengetahuan yang lengkap dan berpengalaman anda bisa menghubungi kami untuk memesan atau sekedar bertanya tentang dunia taman/landscape kunjungi website kami www.mandakagarden.com

1. Tanaman Penutup Tanah

Jenis tanaman hias
tanaman penutup tanah dapat dikombinasikan dengan warna yang berbeda.Penempatan disesuaikan dengan tinggi tanaman sehingga tidak tumpang tindih dan enak dipandang.

Fungsi dan jenis tanaman hias pertama yaitu tanaman penutup tanah, Sebagian lahan pada taman banyak dibuat terbuka untuk menghindari kesan sempit. Namun, jika lahan terbuka tersebut dibiarkan kosong tanpa ada tanaman apapun tentunya akan menjadi problem dan terkesan kotor. Lahan terbuka tersebut dapat diisi tanaman,di antaranya tanaman garound cover. Agar kesan terbuka dan tetap muncul, tanaman yang digunakan haruslah tanaman yang tidak tinggi atau hanya sebatas menutup tanah yang disebut ground cover atau tanaman penutup tanah. Tanaman groundcover yaitu tanaman yang tidak lebih tinggi dari 50-70 cm, seperti rumput, kacang-kacangan hias/landep, adam hawa dan lain-lain.

2. Tanaman Pagar

jenis tanaman hias
Pagar tropis cocok diterapkan pada taman bergaya tropis.ketinggian maksimal tanaman dapat menjadi patokan pada pagar dan dapat menangkat radikal atau polusi diluar.

Fungsi dan jenis tanaman hias kedua yaitu tanaman tanaman pagar, Sesuai namanya, tanaman pagar adalah tanaman yang fungsinya sebagai pagar (barriers). Tanaman ini dikenal pula dengan tanaman pembatas (border) dan tanaman tepi (edgings). Tanaman pagar tidak memiliki ketentuan ketinggian. Tinggi tanaman pagar dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Beragam jenis tanaman dapat menjadi pilihan Jika menginginkan pagar tinggi dan menutup sempurna, semak tinggi, perdu rendah, dan perdu tinggi dapat ditanam massal sejajar. Akan tetapi, jika tanaman hanya sekadar pembatas, tanaman penutup tanah dan semak pendek dengan komposisi dan penataan yang menarik dapat diterapkan. Contoh tanaman pagar adalah teh-tehan, heliconia, dan aerva atau bayam-bayaman.

3. Tanaman Pelindung

jenis tanaman hias
Tanaman pelindung tidak hanya melindungi objek yang dinaunginya.pohon mampu juga menjadi point of interest.

Fungsi dan jenis tanaman hias ketiga yaitu tanaman pelindung, Tanaman yang berfungsi sebagai pelindung umumnya pohon sedang dengan ketinggian 6—15 m atau pohon tinggi dengan ketinggian di atas 15 m. Namun, pada taman yang tidak terlalu luas, misalnya taman rumah, pohon pendek kurang dari 6 m pun dapat dimanfaatkan terutama dari cahaya matahari berlebih. Hal penting untuk diperhatikan adalah tanaman tersebut harus memiliki tajuk yang cukup lebar agar dapat melindungi objek di bawahnya. Umumnya ratarata lebar tajuk tanaman pelindung sekitar 10 m, misalnya angsana dan kerai payung.

4. Tanaman Merambat/Memanjat

taman asri
tsmsn gajebo berpola cantik dengan rambatan tanaman merambat disetiap sisi tiangnya. dapat juga sebagai pelindung yang efektif dari pancaran sinar matahari atau pun saat hujan ketika tanaman sudah lebat

Fungsi dan jenis tanaman hias keempat yaitu tanaman merambat atau memanjat, Jika merasa tembok, pagar, atau gerbang bagai kungkungan yang membatasi kehidupan Anda atau menginginkan gazebo, pergola, dan selasar yang berkesan natural, ketahui triknya. Elemenelemen keras dalam taman, seperti tembok, pagar, gazebo, dan pergola dapat menjadi daya tarik tersendiri jika tahu cara menyiasatinya. Tanaman memanjat (climbers) dan merambat (trailers) ialah salah satu kuncinya. Konon hijaunya tanaman akan mampu melunakkan kesan baja yang keras sekalipun.

Caranya adalah cukup dengan memilih tanaman yang akan dirambatkan pada material tersebut sesuai dengan karakter dan kebutuhan taman. Jika menginginkan sesuatu yang sederhana, tanaman tanpa bunga, seperti sirih belanda dan philodendron akan sesuai untuk taman. Sementara itu, tanaman berbunga indah, seperti bugenvil, alamanda, dan stepanot dapat merefleksikan pribadi yang dinamis dan terbuka. Bagi yang mendambakan kesan liar dalam taman, tanaman seperti kuku macan, permata rambat, dan monstera mampu memperkuat karakter tersebut. Jangan lupa menggunakan penyangga dari bahan yang sesuai, misalnya kayu, bambu, aluminium, atau besi untuk menopang berat tanaman.

5. Tanaman Tabir

taman vertikal
screen. Penanataan taman secara vertikal dapat difungsikan untuk menghalangi bad view sekaligus memperindah dan menyejukan area taman.

Fungsi dan jenis tanaman hias kelima yaitu tanaman tabir, Cara termudah dan termurah mengatasi tempat dengan cahaya berlebih, berdebu, dan berpolusi; ruang yang terlalu terbuka dan kehilangan privasi; serta ingin menutup view (pemandangan) kurang baik adalah dengan menggunakan tanaman. Tanaman tersebut dikenal dengan nama tanaman tabir (screen). Tanaman yang dipilih sebaiknya memiliki fungsi ekologi maksimal dan memadupadankannya pada komposisi yang sesuai. Untuk memperoleh hasil maksimal, tanaman dapat ditanam secara massal sejajar. Ibarat setali tiga uang, selain keindahan dan kenyamanan yang diperoleh, masalah yang bersifat fisik pun turut tertangani. Tanaman rambat berkerapatan tinggi dan pohon bertajuk kolumnar (oval meninggi, fastigiate (oval meruncing), dan kerucut dapat menjadi pilihan yang terbaik, seperti glodogan tiang, bambu, dan cemara.

6. Tanaman Pengarah Jalan

heliconia
Rumpunan semak berwarna hijau dan dihiasi bunga bunga cantik disepanjang jalan dapat pula menjadi penunjuk arah.dan mampu menghipnotis para pejalan kaki agar lebih positif secara psikologis.

Fungsi dan jenis tanaman hias keenam yaitu tanaman pengarah jalan, Secara psikologis, tanaman dapat berfungsi sebagai pengarah jika ditanam pada jarak dan pola tertentu. Indahnya bunga dan hijaunya daun di sepanjang jalan dapat menciptakan suasana santai, nyaman, dan segar. Permainan tekstur, warna, ukuran dan aroma tanaman yang berbeda akan mampu memberikan imajinasi dan warna tersendiri dalam setiap langkah perjalanan. Tanaman bertajuk cenderung vertikal, seperti kolumnar, fastigiate, dan kerucut, bisa memberi kesan ruang luas dan menjauh terutama jika tanaman ditanam tidak terlalu rapat.

Tanaman bertajuk menyebar dan bulat mampu memberi kesan mempersempit ruang dan mendekatkan jarak tempuh.Pada taman kecil, keberadaan jalan setapak dapat diciptakan dengan kehadiran beberapa tanaman groundcover atau semak pendek yang ditanam teratur. Pada lahan lebih luas seperti taman lingkungan, jenis semak sedang, semak tinggi, dan perdu dapat dimanfaatkan. Sementara itu, beragam jenis pohon lebih sesuai jika diterapkan sebagai pengarah pada jalan utama atau jalan raya. Contoh tanaman yang digunakan sebagai pengarah jalan, di antaranya kayu manis, sikat botol, dan palem. Setiap tanaman memiliki beragam funsi,tetapi pasti ada fungsi dominan sesuai karakter dan sifat masing-masingnya.Memilih jenis yang sesuai,mengomposisikannya secara tepat,serta memeliharanya sesuai dengan kebutuhan dan karakter tanaman merupakan tugas yang harus dilakukan untuk memperoleh taman idaman

solusi

Dan untuk anda yang membutuhkan jasa pembuatan taman professional dengan pengetahuan yang lengkap dan bepengalaman anda bisa menghubungi kami untuk memesan atau sekedar bertanya tentang dunia taman/landscape kunjungi website kami untuk kontak di :

mandaka garden

        www.mandakagarden.com

Referensi : garsinia lestari,s.p.dan Ira puspa kencana,s.p.2015.Tanaman Hias Landscape.Jakarta:Penebar swadaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas